Peringati HJKS ke 729, Wali Kota Eri Cahyadi Ngeludruk Bersama Forkopimda Surabaya

40 views
Peringati HJKS ke 729, Wali Kota Eri Cahyadi Ngeludruk Bersama Forkopimda Surabaya

Surabaya, HarianSurabaya.com—Di momen Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-729, Wali Kota Eri Cahyadi unjuk kebolehan mendalami peran sebagai raja pertama Kerajaan Majapahit, Raden Wijaya dalam pertunjukan ludruk di salah satu stasiun televisi lokal di Jawa Timur, Senin (30/5/2022).

Wali Kota Eri Cahyadi tak sendiri. Ia ngeludruk bersama jajaran Forkopimda Surabaya dan grup seniman ludruk Luntas yang juga ikut mendalami peran sebagai anggota Kerajaan Majapahit.

Pada pertunjukan ini, Wali Kota Eri Cahyadi bersama jajaran Forkopimda Surabaya dan grup ludruk Luntas menceritakan asal mula terbentuknya Kota Surabaya pada zaman Kerajaan Majapahit. Pertunjukan itu dimulai dari penampilan seni tari Remo, setelah itu Parikan sebagai penanda dibukanya pertunjukan ludruk bertema “Hoedjoeng Galoeh” Asal Muasal Nama Surabaya.

Di awal pertunjukkan, pentolan grup ludruk Luntas, Robets Bayoned membuka dengan gaya bahasa khas Suroboyo-an. Penonton seisi studio pun tertawa terhibur, termasuk Wali Kota Eri Cahyadi serta jajaran Forkopimda Surabaya.

Tak lama kemudian, wali kota tampil sebagai raja yang memimpin pasukan Majapahit untuk melawan pasukan sekaligus mengusir tentara Tartar dari Kekaisaran Mongol. Pengalaman ini membuat Wali Kota Eri ketagihan ingin ngeludruk lagi di lain kesempatan.

“Mendebarkan, nagihin, dadi engko lek main maneh wis tatak atine (pengalaman pertama mendebarkan, bikin nagih, nanti kalau manggung lagi bakal lebih mantap hatinya),” kata Wali Kota Eri.

Eri Cahyadi menyebutkan, rencana ke depannya akan kembali ngeludruk bersama jajaran Forkopimda Surabaya, tujuannya adalah untuk melestarikan kesenian sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Pahlawan. “Setelah pandemi Covid-19 ini, salah satu cara kita menggerakkan perekonomian adalah dengan kesenian secara masif di Surabaya,” sebutnya.

Tak lupa, ia juga mendukung grup ludruk Luntas untuk melestarikan kesenian khas Surabaya. Menurut mas Eri, ludrukan ala Luntas berbeda karena membawakannya dengan cara kekinian, sehingga cara ini dapat menarik minat anak muda Kota Surabaya menikmati kesenian tradisional.

Penampilan Eri Cahyadi bersama jajaran Forkopimda Surabaya itu akan disiarkan pada pukul 18.00 WIB di stasiun televisi lokal Jawa Timur, bertepatan dengan HJKS ke 729, Selasa (31/5/2022). “Saatnya Luntas membawa nama besar Surabaya, tunjukkan ke seluruh nasional bahkan hingga ke kancah internasional, Luntas ada dan yang terdepan,” pungkasnya. (hsa)