PMI Surabaya Gandeng Disnaker Jatim, Wali Kota Eri Cahyadi Optimis Stok Darah di Surabaya Aman

64 views
PMI Surabaya melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jatim disaksikan Wali Kota Eri Cahyadi

Surabaya, HarianSurabaya.com–Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memberikan penghargaan kepada 425 pendonor darah sukarela yang telah membantu Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya.

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari (PMI) ke-77 Tahun 2022 dan Pemberian Penghargaan kepada Donor Darah Sukarela 50 kali oleh Wali Kota Surabaya, di Gedung Sawunggaling Lantai 6 Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Sabtu (17/9/2022).

Terdapat beberapa kategori penghargaan yang diberikan. Pertama, kategori pendonor darah sukarela sebanyak 50 kali yang diserahkan secara simbolis. Kedua, pemberian penghargaan kepada karyawan yang telah mengabdi selama 35 oleh Ketua PMI Kota Surabaya Hendro Gunawan yang disaksikan Wali Kota Eri.

Kategori ketiga adalah pemberian penghargaan kepada karyawan yang telah purna tugas oleh Ketua PMI Kota Surabaya Hendro Gunawan yang disaksikan Wali Kota Eri. Dan kategori keempat, adalah pemberian penghargaan kepada penggerak donor darah oleh Wali Kota Eri kepada Kepala Dinas Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur Himawan Estu Bagijo, Ketua Harmonis Surabaya Club Totok Sudarto, dan warga Kecamatan Dukuh Pakis Kota Surabaya Siti Rodiah.

“Alhamdulillah hari ada 425 dari pendonor darah yang sudah mendonorkan darahnya sebanyak 50 kali. Sehingga, pada hari Palang Merah Indonesia yang ke – 77, memberikan Satya Lencana Kebaktian Sosial sebagai tanda terima kasih dari Pemkot Surabaya kepada warga yang telah mendonorkan darahnya,” Wali Kota Eri.

Menurutnya, hal ini menjadi contoh kepada warga Surabaya bahwa dengan memberikan penghargaan itu merupakan bukti masyarakat di Kota Pahlawan memiliki rasa kemanusiaan. “Karena dengan hal ini, masyarakat telah menunjukkan sifat kemanusiaan dan hal ini patut kita contoh,” ujarnya.

Pada peringatan Hari PMI ke – 77, PMI Kota Surabaya melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur yang disaksikan oleh Wali Kota Eri. Melalui kerjasama tersebut, Cak Eri sapaan lekatnya berharap bahwa kebutuhan stok darah PMI di Kota Surabaya bisa terpenuhi untuk semua golongan darah.

“Disnaker Jawa Timur dan PMI Surabaya kerjasama terkait dengan donor darah, karena dibutuhkan banyak pendonor darah. Itulah dilakukan kerjasama dengan Disnaker Jatim yang membawahi seluruh tenaga kerja di seluruh Jatim, itu dikolaborasikan dan disinergikan dengan MoU tadi,” terangnya.

Selain itu, Cak Eri juga menerima secara langsung berbagai bantuan kemanusiaan. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Direktur SDM PT. Pelabuhan Indonesia Terminal Peti Kemas Edi Priyanto dan Direktur PT. Matahari Sakti. Keduanya memberikan bantuan kemanusiaan untuk membantu kegiatan operasional PMI Kota Surabaya.

“Alhamdulillah ada dua bantuan dari Pelindo dan PT. Matahari Sakti, ini menunjukkan bahwa semua pihak dan seluruh stakeholder yang ada di Kota Surabaya juga memiliki rasa kemanusiaan yang sangat tinggi, sehingga membantu pergerakan PMI di Kota Surabaya dan semoga meningkatkan kinerja PMI bagi warga Kota Surabaya terkait dengan kebutuhan darah,” harapnya.

Kepala Dinas Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur Himawan Estu Bagijo mengatakan, pihaknya terus melaksanakan tugas terkait dengan kesehatan dan keselamatan kerja. Karenanya, PMI menjadi pendukung yang sangat luar biasa untuk seluruh komponen dan stakeholder.

“Maka kami dorong untuk melakukan donor darah bagi pekerja. Pertama, terdeteksi apakah pekerjanya sehat atau tidak. Kedua, ketika karyawan sehat maka produktivitas mereka akan tinggi dan perusahaan akan menerima keuntungan dari pekerja yang sehat. Dan ketiga, kita ingin membangun kesadaran bahwa kalau tubuh kita sehat maka mari memberikan bantuan kemanusiaan,” kata Himawan.

Pihaknya tengah bersinergi dengan PMI, terkait program-program kesehatan dan keselamatan kerja untuk melakukan audit diperusahaan. Harapannya, melalui sinergitas dan kolaborasi tersebut, mampu membangun sistem keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

“Terima kasih PMI, saya selaku Kadisnaker Jatim akan membawa PMI berkeliling ke seluruh Jatim sambil membangkitkan spirit di tingkat lokal. Ini sebagai contoh anak-anak muda, pekerja, dan perusahaan di Jawa Timur untuk memiliki kepedulian,” ucapnya.

Ketua PMI Kota Surabaya Hendro Gunawan mengatakan, target pendonor darah telah mencapai target. Yakni mencapai 12 ribu dalam satu bulan. Sebab, saat dua tahun yang lalu saat penanganan Covid-19, para pendonor hanya mencapai 6.000 sampai 8.000 pendonor. “Jadi pendonor yang telah melakukan donor sukarela 50 kali pada tahun 2021 akan diberikan pada 2022 dan diberikan oleh Pemkot Surabaya,” pungkasnya. (hsa)