MG HS Lagi-lagi Sabet Award, Ditasbihkan sebagai yang Paling Hemat di Kelasnya

28 views
MG Motors
MG HS Lagi-lagi Sabet Award, Ditasbihkan sebagai yang Paling Hemat di Kelasnya (foto : ist)

JAKARTA, hariansurabaya.com | Harga BBM yang tak menentu pada tahun ini menjadi perbincangan hangat masyarakat Indonesia dan mulai membentuk membentuk pola pikir masyarakat untuk membeli mobil yang ramah di kantong. MG sebagai brand asal UK yang telah berpengalaman hampir 100 tahun di dunia otomotif paham akan pentingnya hal tersebut dan selalu berkomitmen untuk meredefinisi ekspektasi pengguna dengan unit MG yang hadir di Indonesia.

Buktinya, salah satu mobil SUV (Sports Utility Vehicle) MG, yakni MG HS, memenangkan penghargaan Total Cost of Ownership (TCO) alias total biaya kepemilikan untuk kategori Medium SUV dalam ajang GridOto Award 2022. Ini menjadi bukti mobil MG betul-betul memberi nilai (value) yang melampaui nominalnya.

Dalam ucapan terima kasihnya mewakili MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin selaku Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, mengungkapkan, “Kami merasa terhormat dan bangga menerima penghargaan ini. Hal ini sekaligus membuktikan secara nyata bahwa mobil MG memberi nilai yang melampaui nominalnya.”

Ia lanjut menjelaskan, “Dengan value lengkap yang diterapkan lewat British automotive standards BRIT Dynamic, yang meliputi performa istimewa, handling yang presisi, desain terkini, teknologi terdepan, dan safety yang mumpuni, MG HS tetap berhasil menekan biaya yang mesti dikeluarkan penggunanya seefisien mungkin, bahkan terendah di kelasnya.”

Sekilas MG HS

MG HS merupakan SUV lima penumpang dengan dimensi panjang 4.574 mm, lebar 1.876 mm, dan tinggi 1.664 mm. Lekukan pada bodinya menghadirkan paduan karakter sporty sekaligus elegan khas desain Inggris. Ditambah, bagian star rider grille-nya menjadi salah satu daya tarik yang kuat dari mobil ini.

Dapur pacu MG HS ditenagai mesin turbo DOHC 4 silinder berkubikasi 1.490 cc yang dapat menyuplai daya sebesar 162 Ps atau 159 tk di rpm 5.600, serta torsi mencapai 250 Nm pada putaran 1.700-4.400 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi Twin Clutch Sportronic Transmission (TS) 7 percepatan.

Kekuatan tenaganya diimbangi oleh faktor keselamatan yang diklaim memiliki rating bintang lima dari Euro NCAP dan ANCAP, serta tak ketinggalan hadirnya berbagai fitur terkini sebagai poin plus lainnya.

Bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan

Selain penghargaan TOC, sebelumnya MG HS dinobatkan oleh GridOto.com sebagai Best Medium SUV pada akhir 2020. Sementara di ranah internasional, mobil ini pun telah menyabet sejumlah penghargaan prestisius, yakni Middle East ‘Car of the Year’ dan ‘Best Sub-compact Crossover’ 2020.

Arief memungkasi, “Saya juga mengapresiasi GridOto.com yang menghadirkan penghargaan TCO. Dengan begitu, masyarakat dapat memperoleh informasi dan gambaran yang lebih lengkap, sebagai tambahan bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan, saat akan memilih sebuah mobil.”

Cara penilaian

Sebagai informasi, penentuan pemenang kategori TCO menggunakan metode perhitungan yang meliputi konsumsi BBM rata-rata, biaya servis selama satu tahun atau 20.000 km, serta pajak kendaraan yang harus dibayar selama satu tahun. Semakin rendah biaya yang harus dikeluarkan konsumen, maka semakin baik pula biaya kepemilikanya dan dinyatakan sebagai pemenang.

Berdasarkan metode perhitungan tersebut, didapat biaya yang dikeluarkan oleh pengguna MG HS per hari yakni hanya sebesar Rp83.466. Dengan berhasil disabetnya penghargaan ini, berarti MG HS merupakan medium SUV dengan biaya paling rendah yang harus dikeluarkan oleh konsumen setiap harinya.(ist)