Yuk Kita Pelajari Perbedaan Investasi Reksadana dan Investasi Saham

12 views
Yuk Kita Pelajari Perbedaan Investasi Reksadana dan Investasi Saham
Yuk Kita Pelajari Perbedaan Investasi Reksadana dan Investasi Saham

hariansurabaya.com | TIPS – Setiap investasi pasti memiliki tantangan dan risikonya tersendiri, yang terpenting Anda harus siap menghadapinya dengan strategi yang sudah dibuat. Masing-masing investasi juga memiliki jenis dan kelebihannya tersebut menguntungkan.

Berikut ini merupakan beberapa perbedaan investasi reksadana dan investasi saham, yaitu:

1. Modal
Setiap investasi tentu membutuhkan modal yang berbeda-beda, begitu pula dengan investasi saham dan investasi reksadana saham. Modal investasi saham dan reksadana saham saat ini sudah sangat terjangkau, namun modal investasi saham tergantung harga pasar jenis saham yang dipilih dengan minimum pembelian sebesar 1 lot atau 100 unit/lembar saham. Selain itu broker saham biasanya juga meminta minimum jumlah saldo yang disetorkan untuk bisa melakukan transaksi saham. Sedangkan modal berinvestasi reksadana lebih terjangkau karena menerapkan batas minimum investasi tergantung manajer investasi.

2. Pajak
Perbedaan investasi saham dan investasi reksadana saham selanjutnya dilihat dari pajak yang harus dikeluarkan. Di mana jika investasi saham harus membayar pajak sedangkan investasi reksadana bebas pajak namun perlu mencatat laporan keuntungan dari reksadana saham ke dalam laporan SPT tahunan.

3. Keleluasaan Membeli Saham
Saat memilih investasi reksadana, salah satu hal yang diperhatikan investor adalah keleluasaan dalam memilih saham yang diinginkan. Untuk investasi saham bebas membeli saham yang diinginkan, namun untuk investasi reksadana diatur oleh manajemen investasi karena pengelolaan dananya dilakukan oleh mereka. Namun tak perlu khawatir, manajemen investor akan bertanggung jawab untuk memilih saham yang berpotensi kinerja lebih tinggi.

4. Kelebihan dan Risikonya
Setiap jenis investasi pasti memiliki kelebihan dan risikonya masing-masing. Kelebihan investasi reksadana yaitu risikonya cukup ringan dan dibantu oleh manajemen investasi. Jadi Anda tidak perlu pusing menganalisa saham yang berpotensi bakal merosot tajam atau justru membuat kondisi keuangan menjadi berantakan.(rahma)