Farrel Aryo Wahyudi, Siswa MAN Kota Surabaya Diterima di 7 Perguruan Tinggi Luar Negeri

163 views
Farrel Aryo Wahyudi, Siswa MAN Kota Surabaya Diterima di 7 Perguruan Tinggi Luar Negeri
Farrel Aryo Wahyudi, Siswa MAN Kota Surabaya Diterima di 7 Perguruan Tinggi Luar Negeri

hariansurabaya.com | SURABAYA – Satu lagi pelajar dari kota pahlawan menorehkan prestasi yang membanggakan. Farrel Aryo Wahyudi – kelas XII MPA-1 MAN Kota Surabaya, menjadi salah satu diantara siswa berprestasi dari 432 siswa yang diwisuda pada tahun 2023.

Bagaimana tidak. Farrel Aryo Wahyudi diterima di 7 perguruan tinggi luar negeri. Satu prestasi yang sangat membanggakan bagi MAN Kota Surabaya. Perguruan Tinggi yang telah memberikan Letter of Acceptance (LOA) kepada Farrel Aryo Wahyudi yakni :
1. University of British Columbia, Canada (Bachelor of Applied Science)
2. University of Toronto, Canada (Computer Science (Mississauga) dan Mathematical and Physical Sciences (St. George) -Engineering Science (St. George)
3. Monash University, Australia: -Engineering (Honors) (Computer Science (Honors)
4. University of New South Wales: Material Science and Engineering
5. University of Sydney (Project Management)
6. Curtin University (Mining Engineering (Honors)
7. University of Western Australia (Robotics and Automation Engineering (Honors)

Di acara wisuda, Farrel Aryo Wahyudi mengatakan mengatakan kalau usaha dan kerja keras adalah kunci keberhasilan meraih semuanya.

“Ini juga keberhasilan MAN Kota Surabaya yang menjadikan saya bisa diterima di 7 perguruan tinggi luar negeri,” jelas Farrel.

MAN Kota Surabaya pada tahun 2023 ini mewisuda 432 siswa dengan tiga jalur peminatan atau jurusan yakni MIPA, IPS dan Agama. Pelaksanaan wisuda kali ini digelar di Ballroom Novotel Samator pada Sabtu 6 Mei 2023.

Kepala MAN Kota Surabaya Drs. Fathorrakhman, M.Pd, mengatakan bersyukur pelaksanaan wisuda berlangsung lancar setelah tahun sebelumnya wisuda digelar di Aula sekolah. Seiring dengan melandainya covid-19, wisuda tahun ini bisa digelar di Ballroom dengan skala yang lebih luas.

“Tidak hanya itu, terus meningkatnya prestasi sejumlah siswa menjadi kado sangat berharga bagi MAN Kota Surabaya yang terus meningkatkan kualitas pendidikan dan mengantarkan siswa ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di PTN/PTKIN ataupun Universitas swasta,” katanya kemarin.

Drs. Fathorrakhman, M.Pd menambahkan sampai saat ini tercatat sudah ada 88 siswa yang sudah diterima di sejumlah PTN/PTKIN sambil menunggu hasil jalur UTBK & mandiri yang masih dalam proses test pada awal bulan Mei ini.

“Target kami naik dari tahun kemaren dari 70,5% siswa MAN Kota Surabaya diterima di PTN/PTKIN menjadi minimal 75% pada tahun ini,” tegas Drs. Fathorrakhman, M.Pd.

Dari laman http://man-surabaya.sch.id/ yang dipublikasikan pada 3 April 2023 lalu, MAN Kota Surabaya Kembali mengukir prestasi di tahun ini, sebanyak 66 siswa diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Sebelum pengumuman SNBP sebanyak 10 siswa sudah terlebih dahulu diterima di Poltekkes Surabaya.

Jadi total sebanyak 76 siswa MAN Kota Surabaya yang sudah berhasil menembus perguruan Tinggi Negeri. Jumlah ini mengalami kenaikan di banding tahun 2022, dimana siswa yang diterima melalui jalur prestasi sebanyak 44 siswa.

Ada 8 Perguruan Tinggi Negeri yang berhasil ditembus antara lain UNAIR sebanyak 8 siswa meliputi jurusan Akuntansi, Kesehatan Masyarakat, Hubungan Internasional, Teknik Industri, Perpajakan, Sistem Informasi, Rekayasa Tek. Dan Tek. Rekayasa Instrumentasi, ITS 1 siswa jurusan Teknik Elektro, UNESA 28 siswa baik jurusan pendidikan maupun non pendidikan, UPN Jatim 10 siswa, UINSA 7 siswa, UTM 2 siswa, PPNS 8 siswa, PENS 2 siswa dan Poltekkes Surabaya sebanyak 10 siswa.

Drs. Fathorrakhman, M.Pd mengucapkan puji syukur atas prestasi yang diraih siswa siswi MAN Kota Surabaya dalam bidang akademik ini dan beliau juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama guru-guru yang telah membimbing siswa selama ini dari input yang biasa menjadi output yang luar biasa. “Hal ini menunjukkan bahwa siswa Madrasah tidak kalah prestasinya dengan Sekolah Menengah Atas pada umumnya. Bahkan dengan semangat Madrasah Mandiri Berprestasi, siswa Madrasah semakin menunjukkan prestasi-prestasi yang luar biasa.”

Farrel Aryo Wahyudi, Siswa MAN Kota Surabaya saat memberikan sambutan pada wisuda siswa MAN Kota Surabaya di Ballroom Novotel Samator Surabaya, Sabtu (6 Mei 2023).(ig)