FIFGROUP Sabet Penghargaan Kontribusi Sosial pada Best 50 Financial Institution Awards 2023

25 views
FIFGROUP Sabet Penghargaan Kontribusi Sosial pada Best 50 Financial Institution Awards 2023
FIFGROUP Sabet Penghargaan Kontribusi Sosial pada Best 50 Financial Institution Awards 2023

hariansurabaya.com | JAKARTA – PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial yang bergerak di bidang pembiayaan, meraih penghargaan Best Social Contribution Reputation Multifinance kategori Aset >20 Triliun dari The Iconomics Media dalam acara Best 50 Financial Institution Awards 2023. Best Social Contribution Reputation Multifinance diberikan kepada perusahaan finansial dengan reputasi kontribusi sosial tertinggi di kategorinya.

Environment, Health, Safety and Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Management Department Head FIFGROUP, Charles DW Simaremare, menerima penghargaan secara langsung di Metropole XXI Jakarta, pada Senin, 27 November 2023. Penghargaan itu diserahkan oleh Founder & Chief Executive Officer (CEO) The Economics, Bram S Putro. “Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada FIFGROUP melalui penghargaan ini. Ke depan kami akan terus berupaya memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan sehingga kami pun terus dapat bertumbuh dan memberikan manfaat bagi masyarakat secara berkelanjutan ” ujar Charles.

Pemilihan penghargaan itu telah melewati studi yang dilakukan The Iconomics Research. Riset digelar melalui survei kepada lebih dari 10.000 responden yang tersebar di Medan, Makassar, Bali, Pontianak Manado, Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Semarang. Iconomics Research menggunakan empat pendekatan dalam memilih perusahaan jasa keuangan yang layak diberikan apresiasi. Pertama berdasarkan brand awareness, kemudian berdasarkan brand image, lalu berdasarkan customer service reputation, dan berdasarkan social contribution reputation.

Dalam memberikan kehidupan yang lebih baik, FIFGROUP melakukan berbagai langkah melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berfokus pada 4 (empat) pilar utama, yaitu FIFGROUP Sehat, FIFGROUP Pintar, FIFGROUP Sejahtera, dan FIFGROUP Lestari sebagai inisiatif dan wadah untuk memberikan dampak serta manfaat bagi masyarakat. Hal inisejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, serta melindungi lingkungan. 

Lebih dari sekedar filantropi dan pemberian donasi semata, FIFGROUP juga mengambil langkah proaktif untuk melibatkan masyarakat secara aktif. Melalui berbagai kampanye dan kegiatan pengembangan lainnya, FIFGROUP berupaya untuk tidak hanya memberikan bantuan, tetapi juga membangun kesadaran dan mengajak masyarakat menjadi bagian dari proses pengembangan untuk mendorong perubahan positif dalam jangka panjang.

Program itu meliputi:

  1. FIFGROUP Sehat, merupakan pilar kesehatan sebagai komitmen FIFGROUP dalam Environment, Social, and Governance (ESG) Goals yaitu Community Relations, dan mendukung SDGs ke-2 yaitu Zero Hunger, dan ke-4 yaitu Good Health & Well Being. Di mana sepanjang tahun 2023  telah memberikan manfaat untuk 16.734 masyarakat terdampak. Terdiri dari kegiatan Donor Darah yang telah mengumpulkan 15.017 kantong darah, Program Stunting untuk 200 anak malnutrisi dan 200 ibu hamil serta Program Posyandu untuk 1.317 balita.
  2. FIFGROUP Pintar, merupakan pilar pendidikan sebagai komitmen FIFGROUP dalam ESG Goals yaitu Community Relations, dan mendukung SDGs ke-4 yaitu Quality Education. Di mana sepanjang tahun 2023  telah memberikan manfaat untuk 7.377 masyarakat terdampak. Terdiri dari Program Jam Sosial Mengajar kepada 2.313 murid dan Pelatihan kepada 5.064 guru.
  3. FIFGROUP Sejahtera, merupakan pilar pemberdayaan masyarakat sebagai komitmen FIFGROUP dalam ESG Goals yaitu Community Relations, dan mendukung SDGs ke-8 yaitu Decent Work and Economic Growth. Di mana telah memberikan bantuan Program Dana Bergulir melalui bantuan modal usaha tanpa bunga kepada 600 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di 243 titik wilayah se-Indonesia dengan total penyaluran dana lebih dari Rp2,2 miliar.
  4. FIFGROUP Lestari, merupakan pilar lingkungan hidup sebagai komitmen FIFGROUP dalam ESG Goals yaitu Community Relations, dan mendukung SDGs ke-13 yaitu Climate Action dan SDGs ke-14 yaitu Life Below Water. Di mana FIFGROUP sepanjang tahun 2023 telah menanam bibit pohon sebanyak 28.970 bibit dari kegiatan tanam pohon FIFGROUP Hijaukan Bumi 2023 di mana 3.400 bibit di antaranya adalah bibit mangrove dan 2.035 keluarga terdampak dari kegiatan anti Demam Berdarah serta malaria melalui program

Selain melalui program 4 pilar, FIFGROUP juga melakukan bantuan sosial lainnya seperti Penyaluran Hewan Kurban kepada masyarakat di sekitar kantor pusat dan cabang FIFGROUP sebanyak 3 ekor sapi dan 399 ekor kambing dengan nominal mencapai Rp1,5 miliar berasal dari Dana Sosial Syariah. Kemudian bantuan sarana dan prasarana di berbagai daerah pada 2023 sebesar Rp954,6 juta. Serta bantuan Kegiatan Peringatan Hari Nasional, Keagamaan, dan Lingkungan sepanjang 2023 sebesar Rp349,8 juta. 

Sehingga total bantuan FIFGROUP melalui program 4 pilar dan bantuan sosial lainnya dari awal Januari hingga November 2023 telah tersalurkan kepada 26.476 masyarakat penerima manfaat dengan nominal mencapai lebih dari Rp9,1 miliar.

Acara penghargaan ini dirangkai bersamaan dengan Indonesia Financial Industry Forum 2023 dengan tajuk “Making 2024 The Year of Economic and Business Confidence” yang dihadiri oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mahendra Siregar dan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa selaku Keynote Speech pada acara tersebut.

Founder & Chief Executive Officer (CEO) The Economics, Bram S Putro mengatakan, bahwa sektor jasa keuangan memegang peranan penting terhadap kemajuan perekonomian, sehingga reputasi suatu institusi berperan penting baik secara personal maupun bagi korporasi. “Semoga para pemenang yang mendapatkan penghargaan hari ini, baik yang diterima secara personal dan untuk perusahaan dapat menjadi role model serta terus membangun citra perusahaan yang baik bagi semua kalangan dan masyarakat,” kata Bram.

The Iconomics menggelar “Best 50 Financial Institution Awards 2023” sebagai bentuk apresiasi kepada lembaga keuangan yang berhasil bertahan, tumbuh sangat baik, dan besar dengan melihat pada pertumbuhan kinerja pada tiga periode terakhir dengan kinerja keuangan mulai tahun 2021, 2022 dan 2023.(ac)