Syukuran HUT PMAD, Subdenpom Jombang Adakan Bakti Sosial Bersama Shiddiqiyyah

106 views
Syukuri HUT PMAD, Subdenpom Jombang Adakan Bakti Sosial Bersama Shiddiqiyyah (foto : rhd)
Syukuri HUT PMAD, Subdenpom Jombang Adakan Bakti Sosial Bersama Shiddiqiyyah (foto : rhd)

hariansurabaya.com | JOMBANG – Organisasi di lingkungan Shiddiqiyyah, bersama dengan Subdenpom Persiapan Jombang mengadakan bakti sosial dalam rangka Hari Ulang Tahun Polisi Militer Angkatan Darat (PMAD) ke 78 pada Jumat (17/05/24)

Acara bakti sosial sudah terlaksana sejak Selasa (14/05/2024) lalu, berupa donor darah di kantor PMI Jombang. Sebanyak lima anak dari pesantren Shiddiqiyyah ikut berpartisipasi, dengan didampingi Bapak Nurul Anam sebagai guru.

Kemudian bakti sosial dilanjutkan pada Jum’at (17/05/2024) pagi, dengan penyampaian santunan kepada kaum dhuafa sebanyak 10 orang. 5 di antaranya, berupa dana pendidikan sebesar Rp.200.000 yang disampaikan kepada anak yatim, di gedung ORSHID yang terletak di dalam kompleks pesantren Shiddiqiyyah. Dan disampaikan juga santunan berupa uang dan sembako dengan nominal yang sama kepada kaum dhuafa. Cara yang diterapkan dalam menyampaikan santunan ini, sama seperti yang dilakukan oleh Shiddiqiyyah pada umumnya, yakni langsung disampaikan ke rumah penerima.

Mursyid Thoriqoh Shiddiqiyyah senantiasa mengajarkan shilaturahmi, santun dan shodaqoh (S3). Sehingga murid Thoriqoh Shiddiqiyyah berusaha untuk merealisasikannya dalam setiap kegaitan yang dilakukan. Seperti dalam penyampaian bantuan kepada yang membutuhkan, istilah yang umum digunakan dalam Shiddiqiyyah adalah santunan, karena harus disampaikan dengan santun dan memulyakan penerimanya.

Penyampaian santunan dalam rangkat HUT PMAD ke 78 dihadiri perwakilan dari tiap organisasi di lingkungan Thoriqoh Shiddiqiyyah. Seperti Organisasi Shiddiqiyyah (ORSHID), Organisasi Pemuda Shiddiqiyyah (OPSHID), Yayasan Pendidikan Shiddiqiyyah (YPS), Dhilaal Berkat Rochmat Alloh (DHIBRA), dan Jam’iyyah Kautsaran Putri Haajarulloh Shiddiqiyyah (JKPHS). Selain itu hadir juga komandan dari Dansubdenpom Persiapan Jombang LETDA Cpm Ferdy HM., S.Sos beserta jajarannya, dengan didampingi ibu-ibu PERSIT (Persatuan Istri Tentara) Subdenpom Persiapan Jombang, serta dari POLSEK dan Koramil Ploso, Jombang.

Bapak Joko Herwanto selaku Ketua Umum ORSHID menyampaikan diadakannya bakti sosial ini adalah wujud rasa syukur. “Sebagai wujud syukur kita karena ini hari ulang tahun PMAD yang ke 78 dan sebagai bukti nyata kerjasama sinergitas yang kita bangun, baik antara pesantren dengan PMAD dalam berbagai kegiatan.”

Sinergitas antara pesantren dan PMAD diantaranya terlihat ketika pengawalan rombongan Mursyid Thoriqoh Shiddiqiyyah, Al Mukarrom Kyai Moch. Mukhtar Mu’thi dari Pondok Shiddiqiyyah menuju Rembang, untuk menghadiri Tasyakuran Hari Kartini pada bulan April lalu. Dalam perjalanan tersebut, murid Thoriqoh Shiddiqiyyah ada yang secara khusus ditugaskan untuk mengawal perjalanan Sang Mursyid, dan didampingi pasukan dari Subdenpom Persiapan Jombang.

“Harapan kolaborasi ini antara TNI dengan Organisasi di lingkungan pesantren, sebagai bentuk nyata bahwa sinergitas, kerjasama, shilaturahmi, kebersamaan yang dibangun antara PMAD Jombang dengan pesantren sudah terjalin dengan bagus. Sehingga kemanfaatannya bisa dirasakan termasuk dalam hal ini masyarakat secara umum.” Pungkas Pak Joko. (ainas)