Pj. Gubernur Adhy Dukung Kerja Profesional Hingga Pesankan Netralitas Kepada KPU Jatim

8 views
Pj. Gubernur Adhy Dukung Kerja Profesional Hingga Pesankan Netralitas Kepada KPU Jatim (foto : ist)
Pj. Gubernur Adhy Dukung Kerja Profesional Hingga Pesankan Netralitas Kepada KPU Jatim (foto : ist)

hariansurabaya.com | SURABAYA – Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono melakukan audiensi bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim terkait persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (3/6).

Dalam audiensi ini, Adhy mendukung penuh kerja profesional KPU Jatim selama proses Pilkada Serentak 2024. Sehingga gelaran pesta demokrasi lima tahunan di Jawa Timur dapat berjalan dengan aman, lancar, dan adil.

“Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendukung penuh pelaksanaan Pilkada Serentak di tahun 2024 ini dan persiapan Seluruh kabupaten/kota di Jatim akan berpartisipasi, maka dari itu bersama KPU kita ciptakan suasana yang jujur, adil, dan aman,” ujarnya.

Agar proses Pilkada serentak dapat berjalan dengan lancar, Pj. Gubernur Adhy menitipkan pesan kepada KPU untuk senantiasa menjaga netralitasnya, mulai dari proses persiapan Pilkada hingga pelaksanaannya nanti.

“Sebagai penyelenggara, hal lain yang menjadi penting adalah KPU harus tetap netral dan tidak menunjukkan keberpihakan pada pasangan calon tertentu,” tegasnya.

Lebih lanjut, Pj. Gubernur Adhy juga mengingatkan KPU Jatim dapat menjaga ketertiban masyarakat untuk saling menghargai pendapat satu sama lain.

“Salah satu isu yang paling krusial adalah preferensi masyarakat atas pasangan calon kepala daerah pilihan mereka, yang biasanya memungkinkan terjadinya konflik. KPU harus dapat memastikan situasi agar tetap aman dan terkendali,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jawa Timur Aang Kunaifi mengapresiasi rata-rata partisipasi masyarakay Jawa Timur pada Pemilu Tahun 2024 mencapai 83,85%. Harapannya partisipasi masyarakat semakin meningkat termasuk dalam pelaksanaan Pilkada mendatang.

“Harapan kami adalah partisipasi aktif ini dapat dijaga dan masyarakat ikut andil dalam Pilkada Serentak 2024,” pungkasnya.(acs)