Yayasan Insan Mandiri Bagikan Daging Qurban Menggunakan Besek, Yang Ramah Lingkungan

45 views
Yayasan Insan Mandiri Bagikan Daging Qurban Menggunakan Besek, Yang Ramah Lingkungan (foto : ist)
Yayasan Insan Mandiri Bagikan Daging Qurban Menggunakan Besek, Yang Ramah Lingkungan (foto : ist)

hariansurabaya.com | SURABAYA – Yayasan Insan Mandiri ikut peduli berbagi Qurban di Hari Raya Idul Adha. Dengan menyembelih hewan kurban berupa 6 ekor sapi dan 10 ekor kambing. Kegiatan tersebut berada di Kantor Insan Mandiri, Jalan Masjid Agung Al Akbar Utara nomer 3 Surabaya.

Ketua Panitia Rahman Ardi menuturkan, Yayasan Insan Mandiri melaksanakan kurban dengan jumlah hewan kurban yang cukup banyak.

“Alhamdulillah di Hari Idul Adha tahun ini Insan Mandiri mendapatkan amanah dari para donatur untuk menyembelih hewan kurban, yaitu 6 ekor sapi dan 10 ekor kambing,” tuturnya pada Selasa (18/06/2024).

Lanjutnya, pembagian daging kurban dilakukan di beberapa lokasi. Sapinya disembelih di kantor pusat Insan Mandiri. Untuk kambing berjumlah 10 ekor dibagikan di beberapa daerah. Yaitu 2 ekor di Surabaya, 2 ekor di Mojokerto, dan 6 ekor di Sidoarjo (daerah Sukodono dan Krembung).

“Uniknya lagi, untuk daging kurban dikemas dengan rapi dan higienis. Daging dibagikan dalam paket 1 kilogram, dengan total sekitar 400 paket. Selain daging segar, Insan Mandiri juga mengolah sebagian daging menjadi rendang yang lezat dan dikemas dalam besek. Rendang ini dibagikan kepada para donatur dan masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.

Menurutnya untuk pemilihan besek sebagai wadah daging kurban memiliki beberapa alasan. Kualitas besek sangat diutamakan, selain menyerap juga lebih ramah lingkungan.

“Alasan menggunakan besek, pertama, besek terbuat dari bahan alami sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan plastik kresek yang biasa digunakan. Kedua, besek memiliki tampilan yang lebih menarik dan tradisional. Ketiga, penggunaan besek dapat membantu melestarikan budaya lokal,” terangnya.

Ditambahkan oleh Rahman, Insan Mandiri aktif dalam berbagai kegiatan sosial, termasuk kurban. Selain kurban, Insan Mandiri juga fokus pada bidang sosial ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Kegiatan kurban ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Insan Mandiri terhadap masyarakat, khususnya pada Hari Raya Idul Adha.

“Dibanding tahun lalu, jumlah hewan kurban tahun ini sedikit menurun. Namun semangat berbagi dan kepedulian Insan Mandiri tetaplah sama. Insan Mandiri berkomitmen untuk terus membantu masyarakat yang membutuhkan, tidak hanya pada saat Idul Adha, tetapi juga sepanjang tahun,” pungkasnya.

Pelaksanaan kurban di Insan Mandiri melibatkan banyak pihak. Karyawan dari berbagai cabang Insan Mandiri (Sidoarjo, Mojokerto, Gresik, dan Surabaya) bahu membahu dalam menyembelih, memotong, mengemas, dan mendistribusikan daging kurban.(acs)