Antusias ! 100 Anak Mendapatkan Layanan Khitan Gratis di Ponpes Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang

9 views
Antusias ! 100 Anak Mendapatkan Layanan Khitan Gratis di Ponpes Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang (foto : ybsi)
Antusias ! 100 Anak Mendapatkan Layanan Khitan Gratis di Ponpes Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang (foto : ybsi)

hariansurabaya.com | JOMBANG – Memperingati Haul Masyayikh dan Al Haflatul Kubro
Harlah Madrasah Ke 109, Pondok ke 199, Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, ratusan anak mendapatkan layanan khitan gratis di aula Gedung KH. Hasbullah Said , Tambak Beras pada Sabtu (15/06/24).

Kegiatan Khitan Massal ini diadakan Djarum Foundation berkolaborasi dengan YBSI (Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku) dan pihak Pondok pesantren.

Pimpinan Ponpes Bahrul Ulum Tambak Beras yang di wakili oleh Dr. KH. M.Wafiyul Ahdi , SH., M.Pd.I menyampaikan rasa terima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang digelar di pondoknya.

”Terima kasih untuk perhatian yang diberikan berbagai pihak kepada kami utamanya Djarum Foundation dan YBSI sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar. Mari kita manfaatkan kesempatan yang baik ini untuk membantu warga masyarakat sekitar ponpes bersama para kiai, ustadz, ustazah, pengurus pondok, dam para santri yang ingin mengkhitan putranya tanpa di pungut biaya ,” papar Gus Wafi, demikian biasa dipanggil.

“Kegiatan khitan massal dalam rangka haul Ponpes ini sebenarnya sudah lama, tepatnya sejak tahun 1950. Untuk kali ini , pihak Ponpes Tambak Beras berkolaborasi dengan DF dan YBSI. Hal ini akan meningkatkan ghiroh peduli pada sesama yang terjalin melalui kemitraan antara pihak ponpes dan eksternal ponpes”, tambah Gus Wafi dengan penuh syukur.

Perwakilan Djarum Foundation, H.Legowo Kadri dan Ivana Lie menyampaikan program khitan massal bagi masyarakat ini merupakan upaya Djarum Foundation ambil bagian pada peningkatan kesehatan masyarakat khususnya di sekitar pesantren.

”Khitan masal ini sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar pondok pesantren, termasuk para santri, pengurus, dan pengasuh pondok pesantren, terutama bagi anak anak laki penerus kepemimpinan bangsa ” paparnya.

Lebih lanjut, Suhadak perwakilan PT Djarum Jombang mengapresiasi dukungan YBSI juga para santri Pesantren Tambak Beras yang tergabung dalam kepanitaan Humapon ( Hari Ulang Tahun Madrasah dan Pondok) yang sudah terjun membantu kegiatan ini terutama melayani masyarakat yang membawa putranya hadir.

Founder YBSI Dr. dr. Hisnindarsyah Sp.KL(K) SE M Kes MH CFEM, FISQua ,FRSPH yang diwakili oleh Ketua Umum YBSI Virly Mavitasari mengatakan pada kegiatan khitanan massal merupakan bagian dari program layanan kesehatan YBSI bagi masyarakat prasejahtera. Sejak 2010 , YBSI telah melaksanakan kegiatan khitanan massal di berbagai tempat, dan kali ini didukung penuh oleh PT Djarum melalui Djarum Foundation.

“Pada kegiatan khitan masal kali ini, telah diawali dengan proses screnning pada tanggal 2 juni 2024, yang mengundang seluruh anak didampingi orangtuanya untuk dilakukan pemeriksaan awal sehingga diketahui kemungkinan penyulitnya. Alhamdulillah screnning berjalan lancar sehingga kegiatan khitan pun dapat terlaksana sesuai harapan. Setelah pelaksanaan khitan, akan dilaksanakan monitoring dengan janji temu pada tanggal 18 juni 2024 di GOR KH Hasbullah Said ” demikian penjelasan Virly.

Team khitan YBSI yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 41 orang terdiri dari dokter spesialis 1 orang, dokter umum 3 orang, Dokter Muda ( DM) 10 orang, perawat operator sebanyak 10 orang, Assisten Apoteker dan team obat 5 orang, relawan 12 orang.

Khitan masal ini dilakukan pada 100 orang anak dengan menggunakan metode kombinasi antaranya kauterisasi yang dikenal metode laser dan juga tehnik smart clamp.

Turut hadir dalam kegiatan baksos antara lain sesepuh Ponpes yang merupakan putra dari Hadrotussyaikh KH Abdul Wahab Hasbulloh yaitu KH . M.Roqib Wahab didampingi koordinator pembina HUMAPON Khumaidi ST, yang akrab dipanggil Gus Khumed. Sehari hari beliau sebagai Koordinator bidang Humas Yayasan PP Bahrul Ulum. Sedangkan dari perwakilan Djarum Foundation hadir Yuda Ardiwinata, Totok Widyanto beserta Team Marketing PT Djarum Jombang Hadi dan Choirul Mustofa.

Pelayanan Medis Masyrakat merupakan kegiatan rutin yang dilakukan melalui program Djarum Sumbangsih Sosial. Sejak tahun 2014, kegiatan ini telah melayani pemeriksaan medis lebih dari 70.000 warga masyarakat di Jawa Tengah & Jawa Timur. Djarum Sumbangsih Sosial telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya baksos pelayanan kesehatan dan khitanan massal, peningkatan kualitas panti asuhan, satgas pencegahan kebakaran dan bantuan penyediaan air bersih.(HSD/SUBUH/YBSI)