Hotel Kampanyekan Love Food Not Waste dalam menyambut Hari Pangan Sedunia

132 views
Hotel Kampanyekan Love Food Not Waste dalam menyambut Hari Pangan Sedunia

hariansurabaya.como | Hotel Kampanyekan Love Food Not Waste dalam menyambut Hari Pangan Sedunia

Surabaya – Grand Mercure Surabaya City melakukan kampanye “Love Food Not Waste” dalam rangka menyambut Hari Pangan Sedunia sekaligus bagian program Planet21 dengan gerakan 3R (Reduce-Reuse-Recycle).

General Manager Grand Mercure Surabaya City, Eksi Ayuningtya, di sela kampanye “Love Food Not Waste” pada hari Minggu (18/10/2020), mengatakan, seluruh aktivitas hotel tidak pernah lepas dari gerakan 3R. Ini sangat penting dalam menjaga kepedulian seluruh karyawan terhadap kelestarian linkungan.

Seperti halnya dalam aktivitas yang berada di Patita Restaurant. Eksi mencontohkan setiap sarapan pagi pasti tersisa beberapa makanan di sajian menu yang tidak terambil oleh tamu hotel.

“Nah, kami selalu tekankan pada seluruh staf restoran, jangan dibuang karena itu mubazir. Ayo dibuat kreasi makanan lain sehingga bisa dinikmati. Dan ini bagian upaya 3R,”tukasnya.

Gayung bersambut apa yang disampaikan GM Grand Mercure Surabaya City ini direspon Pastry Chef Edy Susanto. Bertepatan dengan Hari Pangan Sedunia (World Food Day), Pastry Chef Edy Susanto memberikan panduan bagaimana cara memanfaatkan kulit pinggir roti tawar dikreasikan menjadi cake yang sangat luar biasa rasanya dan istimewa dalam penampilan.

Kata Chef Edy, cara membuat cake tidak sulit. Pertama ambil roti tawar terutama pinggir kulitnya, dimana biasa para tamu selalu membuang roti tawar di area tersebut dan beberapa sisa roti tawar yang tidak terambil di meja breakfast buffet restoran.

”Dari sisa potongan kulit roti tawar tersebut dikeringkan lebih dulu jadi bread crumb, untuk diolah menjadi kulit pie. Sedangkan crumble toping atasnya pie dan manis manisnya diambil dari roti -roti manis yang tidak terambil oleh tamu dari sajian breakfast sebagai bahan dasar isian pie,”ungkapnya.

Lantas Chef Edy mendemokan cara membuat “Caramel Banana Milk Pie”. Selanjutnya siapkan butter, gula, medium flour, caramel saus, coocing cream, susu, telur ayam dan pisang kapok.

Dan ternyata memang benar tidak ada makanan atau bahan makanan yang harus selalu dibuang. Semua bisa dikreasikan menjadi suatu suguhan yang sangat luar biasa dan mempuyai cita rasa yang tinggi.

Selain kreatifitas, sangat diperlukan juga pengetahuan terkait prinsip meningkatkan komitmen global program Planet21 dan Program World Food Day dengan aksi-aksi nyata.

“Dan resep ini, kami persembahkan untuk dukungan dari kampanye Love Food Not Waste menyambut Hari Pangan Sedunia yang diperingati secara serentak setiap 16 Oktober 2020 ini. Hotel dibawah jaringan AccorHotels juga secara serentak menggelar World Food Day,”tambah Tatok Hariyanto – Director Of Marketing & Events.