Gubernur Khofifah Imbau Warga Jatim Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

18 views
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa

Jakarta, hariansurabaya.com– Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memastikan Jawa Timur saat ini dalam kondisi yang aman dan tidak ada kejadian bencana gempa.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Khofifah di kantor perwakilan Jawa Timur di Jakarta, Sabtu (22/1/2022) usai diterima Wakil Presiden RI. Pasalnya sehari sebelumnya sempat dikabarkan di salah satu media bahwa terjadi bencana gempa di Kabupaten Malang dengan magnitudo 3,5 SR pada Jumat (21/1/2022) pukul 04.30.

Terkait hal tersebut, Gubernur Khofifah menegaskan kabar tersebut tidak benar, dan di Jawa Timur tidak ada laporan maupun pantauan terjadinya gempa seperti yang diberitakan.

“Alhamdulillah kondisi di Jawa Timur saat ini aman, dan kita berdoa agar Allah selalu menjaga bumi Jawa Timur dalam lindunganNya,” kata Gubernur Khofifah, Sabtu (22/1/2022) pagi.

Khofifah menegaskan, dirinya juga telah melakukan klarifikasi dan kroscek pada Bupati Malang dan Bupati Blitar terkait kabar gempa tersebut. Dirinya mendapatkan jawaban yang sama bahwa di daerah tersebut tidak ada bencana gempa.

Lebih lanjut, mantan Menteri Sosial dan mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan ini mengajak seluruh warga Jawa Timur untuk waspada. Pasalnya dalam rentang bulan ini hingga beberapa bulan ke depan masih ada potensi terjadinya cuaca ekstrem.

BMKG juga telah memberikan warning pada Jawa Timur bahwa potensi bencana akibat fenomena La Nina dan potensi bencana hidrometeorologi masih akan berlangsung. Bahkan diprediksi hingga bulan April curah hujan masih berpotensi turun sangat tinggi.

Oleh sebab itu mitigasi bencana, kewaspadaan, dan gotong royong diharapkan bisa menjadi hal yang diprioritaskan dalam waktu-waktu ini hingga ke depan.

“Saya minta seluruh masyarakat di semua kabupaten kota di Jawa Timur untuk terus waspada. Masyarakat dan pemerintah harus bekerja sama bergotong royong dalam melakukan mitigasi bencana,” tegasnya.

Salah satu contoh terkecil, diimbau Khofifah, masyarakat bisa bersama sama aktif mengecek kondisi kebersihan lingkungan sungai, saluran air, dan juga melakukan perantingan pohon-pohon yang sudah rentan tumbang. Antisipasi dalam bentuk terkecil saat mitigasi bencana sangat diperlukan guna mencegah potensi dampak bencana lebih besar. (hsa)