Majapahit Hotel Surabaya MGallery Bermitra dengan YBSI Undang Veteran Surabaya, Peringati Perobekan Bendera Belanda

28 views

Surabaya, HarianSurabaya.com–Dalam rangka napak tilas sejarah perjuangan bangsa berupa perobekan bendera Belanda di atas Hotel Orange (sekarang Hotel Majapahit) Surabaya, Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku bersama Managemen Hotel Majapahit Surabaya menggelar bakti kepedulian bagi veteran di Balai Andika Hotel Majapahit, Minggu (18/9/2022) sore.

Bakti kepedulian yang diberi tema “Baksos kesehatan dan pemberian taliasih dalam rangka Hut Ke 77 Kemerdekaan RI dan HUT ke 7 PIPAL” ini melibatkan sekitar 40 orang veteran yang berasal dari LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) Kota Surabaya dan 35 orang anggota PIPAL (Persatuan Istri Purnawirawan TNI AL) dari berbagai wilayah Surabaya.

GM Majapahit Hotel, Mr. Kahar Salamun menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kesediaan hadirnya para veteran di hotel Majapahit Surabaya.

Dia menyampaikan, Hotel Majapahit didirikan tahun 1911. Kini sudah berusia 111 tahun dan merupakan heritage yang menyimpan sejarah besar tentang makna perjuangan bangsa Indonesia.

“Hari ini tanggal 18 September 77 tahun yang lalu, di hotel inilah sejarah arti merdeka itu diwujudkan. Berupa perobekan warna biru bendera Belanda yang berkibar di atap hall depan Hotel oleh arek arek Suroboyo pada tanggal 19 September 2022. Oleh karena itu Manajemen Hotel Majapahit Surabaya dengan senang hati menyambut para veteran pejuang yang pernah dan terus dikenang jasanya atas berdirinya NKRI tercinta”, demikian pembukaan sambutan Mr. Kahar Salamun.

Selain itu, Wakil ketua LVRI Mada Surabaya, Kolonel purn TNI AL Gitoyo menceritakan perjalanan sejarah perjuangan lebih rinci lagi tentang perobekan bendera di hotel Orange yang sekarang lebih dikenal dengan Hotel Majapahit Surabaya.

“Sebuah kehormatan bagi kami para Veteran yang masih diberi perhatian oleh manajemen Hotel Majapahit juga YBSI untuk hadir di tempat megah ini. Kami merasa diuwongke (dianggap keberadaan). Hormat dan respek kami yang mendalam atas terselenggaranya kegiatan ini,” sambung Kol Purn Gitoyo.

Dalam kesempatan ini, turut diundang pengurus dan anggota PIPAL yang sedang merayakan HUT ke-7 PIPAL. Ny. Hj.Adi Winarso sebagai ketua Wilayah PIPAL Pabean Cantian berterima kasih karena diundang hadir dalam kegiatan tersebut. “Karena sebagian besar anggota PIPAL juga anggota veteran juga,” jelas Ny.Hj. Adi W.

Sedangkan Founder YBSI, Kolonel laut Dr.dr. Hisnindarsyah SE M.Kes MH Sp.KL (K), C.FEM didampingi ketua YBSI, Virly Mavitasari dan Penasehat YBSI merangkap penasehat PIPAL Hj. Syahrawi, menyampaikan rasa terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk merayakan semangat kemerdekaan melalui sejarah perobekan bendera Belanda di Hotel Orange (sekarang Hotel Majapahit) Surabaya.

Founder YBSI menghaturkan terima kasih pada manajemen Hotel Majapahit Surabaya juga pada para mitra yang mendukung. Antara lain Ivan Hartanto Sinarso, S.M dari Klinik Keluarga Pintar dan Lab Pintar atas dukungan tim medisnya, Mr. Rudy Chang dari Madame Chang Restoran atas dukungan konsumsi dan minuman sehat, H. Abdullah Nurawi dari PT Trekkers sepatu sendal, Hj. Fatimah Sukri dari Otthman bin Affan Foundation dan PT. Mayora Group yang mendukung berbagai tali asih dan perhatian bagi para Veteran.

Yang menarik pada acara ini adalah kehadiran Veteran Eyang Amad yang lahir tahun 1921 yang berarti berusia 101 tahun. “Kehadiran beliau yang penuh semangat, menceritakan bagaimana proses pemasangan ondo atau tangga bambu yang dipakai untuk naik ke atas dibawah incaran bedil tentara Belanda, menjadikan acara ini menjadi lebih bermakna,” terang Kolonel laut Dr.dr. Hisnindarsyah SE M.Kes MH Sp.KL (K), C.FEM.

Adapun acara secara umum, setelah sambutan, doa dan simbolis, dilanjutkan dengan peninjauan kegiatan pelayanan kesehatan, pemeriksaan darah seperti kadar gula, asam urat, cholesterol, pengambilan obat dan tali asih.

Turut hadir pada kegiatan tersebut H. Pragolo mewakili PPAL sebagai penasehat PIPAL wilayah (*/Avc)