Hadir di Labuan Bajo, Gojek Siap Dukung Kemajuan Pariwisata

75 views
Keterangan foto (Ki-ka): Head of Corporate Affairs Gojek East Java, Bali, Nusra - Yondi Hartanto, Head of Public Policy and Government Relations Gojek East Java, Bali, Nusra - Charly Raya, dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai Barat - Adrianus Gunawan.
Keterangan foto (Ki-ka): Head of Corporate Affairs Gojek East Java, Bali, Nusra - Yondi Hartanto, Head of Public Policy and Government Relations Gojek East Java, Bali, Nusra - Charly Raya, dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai Barat - Adrianus Gunawan.

hariansurabaya.com | LABUAN BAJO – Gojek – unit bisnis on-demand service bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia, Tbk (BEI: GOTO), hari ini resmi hadir di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Kehadiran layanan Gojek di kota tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap kemajuan pariwisata di Labuan Bajo dalam bentuk alternatif solusi transportasi yang terjangkau, dan aman bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Head of Regional Corporate Affairs Gojek, East Java, Bali, Nusra, Yondi Hartanto mengatakan, “Labuan Bajo memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Karena itu kami hadir disini, sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan pariwisata. Kami percaya kehadiran kami disini bisa menghadirkan beragam solusi untuk memenuhi kebutuhan bagi para wisatawan, mulai dari layanan transportasi GoRide, layanan pesan antar makanan GoFood, GoSend, serta GoPay yang telah teruji sebagai layanan yang
banyak diandalkan masyarakat. Sehingga diharapkan, hadirnya Gojek juga dapat memberikan multiplier efek dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dengan UMKM sebagai motor penggeraknya.”

Di Labuan Bajo, Gojek secara bertahap menghadirkan layanan pengantaran penumpang GoRide, dan GoFood, dimana konsumen dapat memesan menu favoritnya dari puluhan merchant yang tergabung dalam ekosistem. Selain itu Gojek juga menghadirkan layanan pengantaran barang GoSend dan juga GoPay sebagai sarana dalam mempermudah pembayaran. Diharapkan dengan hadirnya beragam layanan ini selain dapat memberikan manfaat bukan hanya kepada para wisatawan tetapi juga bagi para
pelaku UMKM untuk memperluas pasarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Manggarai Barat Adrianus Gunawan, menyampaikan dukungan atas kehadiran Gojek di Labuan Bajo, dan berharap Gojek dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan juga perkembangan di Labuan Bajo ”Hadirnya Gojek bisa membantu di bidang transportasi, bisnis serta pariwisata terutama bagi para pelaku pariwisata. Dengan hadirnya Gojek para wisatawan jadi semakin mudah untuk bermobilitas sehingga bisa menjadi dukungan untuk para UMKM dalam mengembangkan
usahanya dengan semakin memperluas pasar dan menjangkau banyak pelanggan. Selain itu, kehadiran Gojek juga dapat membuka kesempatan bagi terciptanya lapangan pekerjaan di Labuan Bajo.”

Sebagai informasi, berdasarkan survei yang dilakukan The institute for Development of Economics and Finance (INDEF) di tahun 2022 mengenai Industri & Persepsi Konsumen Jasa Transportasi dan Logistik Online. Gojek menjadi penyedia jasa layanan on demand yang paling banyak digunakan oleh pengguna transportasi online (82% dari responden) dan pengguna logistik online (64% dari responden).

Berdasarkan responden, keunggulan Gojek dalam layanan transportasi adalah kenyamanan dalam berkendara, keramahan driver, serta kemudahan penggunaan aplikasi, sementara bagi pengguna layanan logistik kemudahan penggunaan aplikasi, pelayanan yang efisien, serta keamanan layanan menjadi poin utama yang memberikan kepuasan dalam menggunakan GoSend, keunggulan Gojek bahkan berada di atas tingkat kepuasan rata-rata industri.

Konsumen Dapat Menggunakan Aplikasi Gojek dengan Mudah

Masyarakat Labuan Bajo dapat menikmati berbagai layanan Gojek dengan mengunduh aplikasi Gojek di PlayStore atau AppStore, kemudian melakukan registrasi sebagai konsumen. Untuk melakukan pemesanan pelayanan, konsumen dapat memilih layanan lewat menu utama di aplikasi Gojek. Konsumen dapat memilih layanan sesuai kebutuhan, baik itu GoRide, GoCar, maupun GoFood.

Untuk GoRide dan GoSend, konsumen perlu mengisi data berupa informasi mengenai lokasi penjemputan serta tempat tujuannya. Untuk GoFood, pelanggan bisa memilih berbagai menu makanan yang ada dalam layanan GoFood. Kemudian pelanggan bisa menentukan lokasi pengantaran makanannya. Sebelum melakukan konfirmasi pemesanan, pelanggan akan mendapatkan informasi mengenai biaya yang dibutuhkan. Setelah pesanan dikonfirmasi, aplikasi akan mencarikan mitra driver yang tersedia untuk menyelesaikan pemesanan ini.

Selanjutnya, konsumen dapat melakukan pembayaran dengan tunai kepada mitra driver maupun dengan saldo GoPay yang dapat diisi lewat berbagai metode, seperti di jaringan Alfa Group, internet banking, ATM dan mobile banking.

Aplikasi Gojek saat ini telah didownload lebih dari ratusan juta kali dan telah dinikmati masyarakat di lebih dari 200 kota dan kabupaten di Indonesia. Sebagai penyedia layanan, Gojek telah menghubungkan lebih dari satu juta pekerja sektor informal serta UMKM dengan konsumen di seluruh Indonesia.(ac)