Reakreditasi RSUD Bobong Taliabu Maluku Utara, LAFKI Lakukan Dengan Suka Cita

25 views
Reakreditasi RSUD Bobong Taliabu Maluku Utara, LAFKI Lakukan Dengan Suka Cita (foto : ist)
Reakreditasi RSUD Bobong Taliabu Maluku Utara, LAFKI Lakukan Dengan Suka Cita (foto : ist)

hariansurabaya.com | TALIABU, MALUKU UTARA – RSUD Bobong kedatangan Tim Surveyor Re Akreditasi dari Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (LAFKI) yang berjumlah dua orang. Yaitu Kolonel Laut (K) Dr.dr. Hisnindarsyah, Sp. KL subsp. KT (K), SE, M.Kes, M.H., C.FEM., FISQua, FSRPH sebagai ketua tim surveyor dan Mirel Wattimena,S.Kep.,Ns,FIHFAA sebagai anggota. Pelaksanaan Re Akreditasi diatur dengan 2 metode yaitu daring pada tanggal 16 Desember 2023, dan luring pada tanggal 20 dan 21 Desember 2023 .

Kedatangan tim diterima dengan suka cita oleh Wakil Bupati Taliabu Ramli, direktrur RSUD Bobong drg Cecilia Octaviani M dan seluruh staf rumah sakit. Hadir pula Sekda Taliabu Dr Salim Ganiru, Kadinkes Taliabu Kuraisiah Marsaoly, Asisten 1 Taliabu, Staf Ahli Taliabu, Kapolres Pulau Taliabu, Danramil, jajaran forkopimda, tokoh agama dan tokoh masyakarat.

Wakil Bupati Ramli dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Surveyor Re Akreditasi LAFKI. Menurutnya akreditasi akan membentuk dan mendorong RSUD Bobong untuk memiliki mutu dan pelayanan yang memenuhi standar guna memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat Pulau Taliabu.

“Untuk itu Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu memberikan komitmendan dukungan penuh pada pelaksanaan Re Akreditasi ini dan mempersilahkan kepada tim Surveyor agar bekerja secara objektif dalam melakukan penilaian ” kata Wabup Taliabu

Acara diawali dengan pengalungan bunga, oleh direktur drg. Cecilia Octavia M , sebagai bentuk penghormatan kepada tamu-tamu yang datang di daerah ini, dan dengan dilanjutkan dengan seremonial acara termasuk tarian “Cuci Tangan dan BHD” yang ditampilkan dengan penuh semangat dan kehangatan oleh staf RSUD Bobong. Gerakan-gerakan yang mengisyaratkan sukacita dan kegembiraan, menyambut surveyor untuk menilai kinerja RS yang telah melaksanakan kerja melayani masyarakat sejak 5 tahun terakhir ini. Kemudian, surveyor dan seluruh peserta akreditasi diarahkan ke ruang transit tempat pertemuan RSUD Bobong.

Kegiatan akreditasi diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars LAFKI, Sambutan Wabup Taliabu, Sambutan Direktur RSUD Taliabu doa dan penyerahan jalannya akreditasi dari direktur RSUD Bobong ke tim Surveyor LAFKI. Dilanjutkan dengan presentasi kinerja RS GPM oleh Direktur, drg Cecilia Octavia M.

Dalam presentasi Drg Cecilia , ditampilkan capaian kinerja menonjol yang telah dilakukan dalam tahun 2023, dan mendapat apresiasi dari tim surveyor.

Dr. Hisnindarsyah, dalam arahannya, menyampaikan salam dari ketua LAFKI Pusat, dan berharap pelaksanaan akreditasi RSUD Bobong Taliabu Maluku Utara berlangsung dalam keadaan sukacita dan penuh semangat. Kehadiran surveyor dalam akreditasi tidaklah bermaksud untuk menguji, melainkan untuk membina supaya tertib administrasi agar mutu layanan bisa berkualitas dan menjadi prioritas pelayanan di Maluku Utara khususnya Kabupaten Pulau Taliabu.

Kolonel Laut (K) Dr.dr. Hisnindarsyah, Sp. KL subsp. KT (K), SE, M.Kes, M.H., C.FEM., FISQua, FSRPH sebagai ketua tim surveyor  (foto : ist)
Kolonel Laut (K) Dr.dr. Hisnindarsyah, Sp. KL subsp. KT (K), SE, M.Kes, M.H., C.FEM., FISQua, FSRPH sebagai ketua tim surveyor (foto : ist)

“Kami siap membantu teman-teman di Pulau Taliabu karena Akreditasi ini membutuhkan kerjasama dan komunikasi yang baik ,” ungkap Dr.dr Hisnin.

Lebih lanjut, Dr.dr.Hisnin menginginkan supaya teman-teman di RSUD Bobong dapat membantu proses akreditasi agar berlangsung dengan baik, sebab tujuan akhir akreditasi semata-mata hanya untuk keselamatan pasien (Safeti pasien).

Setelah pembukaan, tim surveyor melakukan klarifikasi bersama Dewan Pengawas yaitu perwakikan Pemkab Taliabu antara lain Sekda, Asisten 1, Kadinkes, Staf Ahli, Bappeda direktur RS, dan ketua tim serta anggota tim Surveyor LAFKI.

Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan telusur dokumen dan melihat secara langsung kondisi  dan implementasi elemen assesmen standar Rumah sakit yang telah disurvei saat daring sebelumnya tanggal 16 Desember 2023. Telusur dokumen dibagi surveyor, yaitu manajemen dan pelayanan medis. Hasil temuan surveyor disampaikan pada tim akreditasi RS, dan diberikan kesempatan pada direktur untuk menyampaikan klarifikasi terhadap hasil telurus tersebut, dan disampaikan oleh plt direktur dalam presentasi before-after, dan disambut baik oleh surveyor.

Agenda akhir akreditasi adalah pemaparan kesimpulan oleh surveyor, untuk perbaikan RSUD Bobong Taliabu kedepan.

Sekda Taliabu Dr Salim Ganiru berterima kasih kepada surveyor yang telah datang di RS Bobong melakukan penugasan ini.

“Kita bersyukur sebab kedatangan surveyor ke RSUD Bobong Taliabu Maluku Utara yang sekaligus menunjukkan bahwa kita siap untuk berbenah dan berubah kearah yang lebih baik demi pelayanan kepada umat dan Masyarakat,” ungkapnya.

Baginya ini bukan tentang nilai atau status tipe RS yang diharapkan, tetapi bagaimana RS berupaya melakukan yang terbaik. Melakukan perbaikan-perbaikan secara optimal, melayani dengan hati, melayani dengan senyum, melayani dengan cinta kasih serta melayani dengan sukacita. RS ini adalah wajah Pulau Taliabu karena itu lakukan yang terbaik sebagai bentuk syukur pada Alloh Taala. (Cecil/HSD/RSUDTaliabu )