Telkomsel Bersama Komunitas Tanggap Bencana Alam di Malang Raya, Gelar Latihan Tanggap Kebencanaan Melalui Program TERRA

14 views
Telkomsel Bersama Komunitas Tanggap Bencana Alam di Malang Raya, Gelar Latihan Tanggap Kebencanaan Melalui Program TERRA (foto : ist)
Telkomsel Bersama Komunitas Tanggap Bencana Alam di Malang Raya, Gelar Latihan Tanggap Kebencanaan Melalui Program TERRA (foto : ist)

hariansurabaya.com | MALANG – Berlokasi di wilayah Ring of Fire, membuat Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki banyak wilayah dengan risiko tinggi terhadap bencana alam, seperti gempa bumi, tsunami hingga gunung api meletus. Selain itu, bencana banjir, cuaca ekstrim, hingga tanah longsor juga sering terjadi. Menyadari adanya potensi bahaya kebencanaan tersebut, Telkomsel melalui Program TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) menggelar kegiatan “Gladian Panji Relawan TERRA” yang bertempat di Bumi Perkemahan Coban Rondo, Kota Batu.

Kegiatan yang diikuti oleh 70 peserta terpilih dari 200 peserta yang mendaftar, berlangsung selama tiga hari, mulai dari hari Jumat (31 Mei) sampai dengan hari Minggu (2 Juni). Para peserta terdiri dari mahasiswa pencinta alam dan relawan tanggap bencana tersebut berasal dari 10 kampus dan 23 komunitas dari berbagai daerah, di antaranya dari Malang Raya, Batu, Surabaya, Sidoarjo, dan Mojokerto. Merka datang dengan membawa semangat kebersamaan dan keinginan kuat untuk berkontribusi positif bagi lingkungan, masyarakat, dan kemanusiaan.

General Manager Region Network Operations and Productivity Jawa Timur Telkomsel Eko Prasetyo mengatakan “Selama pelaksanaan kegiatan, para peserta mendapatkan pelatihan tentang kesiapsiagaan bencana yang mencakup Pemetaan Resiko, Alokasi Sumber Daya, Notifikasi Dini, Jaringan Evakuasi Aman, serta Integrasi Penanganan Darurat. Para peserta tidak hanya belajar tentang teknik-teknik penyelamatan dan mitigasi bencana, tetapi juga mendapatkan kesempatan untuk saling mengenal dan memperkuat jaringan relawan di antara mereka.”

Narasumber yang dihadirkan selama acara pelatihan di antaranya berasal dari  BPBD, PMI, Malang Reptil Keepers, dokter ahli kebencanaan, dan tim TERRA.

“Diskusi yang inspiratif, simulasi penggunaan aplikasi dalam kondisi bencana, serta kegiatan lapangan lainnya yang menantang, semuanya dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapan para relawan dalam menghadapi situasi darurat,” tambah Eko.

Kegiatan kali ini bertujuan untuk memberdayakan pemuda dan mahasiswa sebagai agen perubahan yang dapat membantu masyarakat dalam situasi darurat. Dengan demikian, program ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan individu, tetapi juga untuk memperkuat kapasitas komunitas dalam menghadapi bencana.

Program TERRA telah memasuki tahun ke-13 pelaksaannya sejak pertama kali digelar pada tahun 2010, merupakan program CSR Telkomsel dengan fokus filantropi yang memiliki peran untuk memastikan proses pemulihan jaringan guna mendukung komunikasi di lokasi bencana, memulihkan infrastruktur telekomunikasi, menjadi front end advisor dalam proses pengambilan keputusan menghadapi situasi bencana, serta mendistribsuikan bantuan lainnya untuk kepentingan masyarakat  saat operasi bencana berlangsung.

Melalui program ini, Telkomsel akan mendorong peningkatakan peran perseroan daam penanganan kebencanaan di Indonesia, baik melalui program digitalisasi kebencanaan serta peningkatan kapabilitas dan kompetensi kesiapsiagaan bencana, kampanye edukasi kebencanaan melalui media sosial, dan program pengembangan relawan berkelanjutan.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat menjalin kolaborasi dan kerja sama yang baik dari berbagai pihak, selaras dengan tujuan TERRA untuk menciptakan masyarakat yang lebih tangguh dan siap menghadapi tantangan darurat yang dapat terjadi di masa depan,” pungkas Eko.(acs)