Ciptakan 34 Buku, Salah Satunya untuk Calon Seniman Muda

307 views
berita surabaya terbaru tentang Ciptakan 34 Buku, Salah Satunya untuk Calon Seniman Muda

HARIAN SURABAYA | SURABAYA – Seniman asal Surabaya, Hamid Nabhan kini sedang fokus menggarap beberapa judul buku dalam beberapa tahun belakangan. Sampai saat ini ia sudah menggarap 34 judul buku dan tahun ini diharapkan ada tambahan 3 buku lagi sehingga total 37 judul buku yang akan terbit nantinya.

Dari buku-buku yang digarap tersebut hampir semuanya tentang seni, ada juga beberapa karyanya sendiri dan sebagian lagi terjemahan atau karya rekan sejawatnya. Ada salah satu buku yang dikhususkan untuk pemula calon seniman yang duduk dibangku sekolah. Jadi buku tersebut berjudul Sketsa Puisi Menggugah Rasa.

“Jadi buku tersebut bisa menginspirasi anak muda atau seniman pemula untuk menciptakan karya seni, belajar membuat puisi dan belajar berkarya membuat buku,” katanya.

Hamid menegaskan, untuk semua buku terbitannya ini tidak dikomersilkan, jadi berapapun jumlah cetaknya tidak akan diperjual belikan, namun sedianya akan dibagi-bagikan secara gratis dibeberapa sekolah, perpustakaan dan rekan seniman lainnya.

Ia menambahkan, untuk satu judul buku bisa cetak 1000 hingga 5000 eksemplar, bahkan ada yang sampai cetak 15 ribu eksemplar. Tergantung kebutuhan dan permintaan, jadi biasanya bisa satu atau dua kali cetak.

“Ada yang juga 3 kali cetak yakni buku Ziarah Sejarah. Dan nanti saya akan bikin sesi kedua untuk buku ini. Juga yang tahun ini akan terbit ada buku Trilogi ekologi. 3 buku yang saling bekesinambungan ini rencananya akan selesai pada akhir tahun sekaligus pameran lukisan tunggal,” paparnya.

Harapannya, kedepannya nanti bisa lebih baik lagi dan akan terus berkarya menciptakan buku-buku lainnya yang dapat bermanfaat bagi orang lain. (indra)